Tips Cara Merawat HP Android Agar Tetap Awet Tahan Lama

Pembelian ponsel di tanah air meningkat cukup drastis, berbagai tujuan yang jelas untuk sebagian orang hp sudah di anggap menjadi kebutuhan primer yaitu kebutuhan hidup untuk bekerja, sebagian lagi hanya sekedar gaya hidup dan lain-lain.

Mungkin kita cukup mengetahui dan terbukti contohnya dari hp android pembelinya kian meningkat. Menurut kebanyakan para pengguna ponsel android dari fasilitasnya cukup memuaskan, sebab sistem operasi android bersifat Open source.

Termasuk dalam platform terbuka itu maka pengguna bisa menginstall macam-macam aplikasi di berbagai sumber.

gambar tips Cara Merawat HP Android Agar Tetap Awet Tahan Lama

Sehubungan pengguna ponsel android semakin tumbuh, kajian yang moga bermanfaat dari tips cara merawat hp android  agar tetap awet mulai perwatan body, hingga baterai tidak mudah habis keadaan panas, merawat layar, dan hal yang menyebabkan hp cepat rusak.

Perawatan Layar
Gunakanlah anti gores untuk menjaga layar tergores, dan untuk menyentuh layar jangan gunakan kuku serta jangan terlalu menekan. Jangan menyimpan di tempat yang menyebabkan layar tertekan dan terjepit seperti di dalam saku celana ketat. Untuk menjaga kualitas layar, hindari dari sinar matahari.

Perawatan Baterai
Saat ini, keberadaan handphone (HP) sudah seperti sebuah kebutuhan dalam melakukan berbagai aktivitas. Mulai dari bersosialisasi, hingga dalam menyelesaikan urusan pekerjaan atau tugas. Maka tak heran, jika daya baterai menjadi salah satu spesifikasi yang sering diperhatikan saat membeli hp.

Sayangnya, sebaik apa pun spesifikasi baterai hp kita, tampaknya tetap tak bisa mengalahkan waktu, yang mengikis kemampuan dan kapasitas baterai. Ya, seiring bertambahnya usia pemakaian, kinerja baterai pun juga akan semakin menurun.

Pada umumnya, hp menggunakan baterai lithium-ion untuk penyimpanan energi. Dalam jenis baterai ini, logam litium dan ion litium bergerak masuk dan keluar dari masing-masing elektroda, sehingga menyebabkannya secara fisik mengembang dan berkontraksi.

Sayangnya, proses ini tidak sepenuhnya dapat dibalik dan baterai kehilangan kapasitas dan voltase pengisiannya seiring dengan bertambahnya jumlah siklus pengisian dan pengosongan.

Terlebih, elektrolit (cairan penghantar listrik) yang menghubungkan elektroda juga menurun selama siklus ini. Kemampuan baterai litium-ion untuk menyimpan muatan bergantung pada tingkat degradasi.

Ini berarti ada hubungan antara bagaimana cara kita dalam menangani perangkat kita saat ini dengan kapasitas pengisian daya di masa yang akan datang. Namun, dengan beberapa langkah sederhana, pengguna dapat meminimalkan degradasi ini dan memperpanjang masa pakai perangkat mereka.

Hindari aplikasi yang tidak perlu
Cara menjaga baterai hp agar awet yang kelima yakni dengan menghindari pemasangan aplikasi yang tidak perlu. Penyimpanan ponsel kita mungkin memang cukup besar untuk menampung banyak aplikasi. Namun, menyimpan aplikasi yang tidak perlu di hp Anda hanya akan membuat penggunaan CPU dan daya yang lebih banyak.

Jangan gunakan background bergerak
Background animasi memang tampak atraktif dan menyenangkan untuk dilihat. Tapi seberapa besar pengaruhnya terhadap baterai? Jawabannya sama seperti saat Anda menonton film animasi. Jadi, akan lebih baik untuk menghindari menggunakan wallpaper animasi untuk menghemat daya baterai.

Jangan gunakan hp saat mengisi daya
Cara menjaga baterai hp agar awet yang kedua adalah dengan tidak menggunakan hp saat sedang melakukan pengisian daya. Menggunakan hp saat mengisi daya memiliki efek buruk pada masa pakai baterai. Saat Anda menggunakan ponsel saat mengisi daya, ponsel cenderung menarik daya langsung dari pengisi daya dan mengurangi jumlah daya yang dialihkan ke baterai.

Mode daya rendah
Cara menjaga baterai hp agar awet yang keempat yaitu dengan menggunakan mode daya rendah pada hp Anda. Mode daya rendah, atau juga dikenal sebagai Battery saver di Android, dapat membantu Anda menghemat banyak baterai dengan membatasi beberapa fungsi ponsel seperti membatasi jumlah aplikasi yang berjalan di latar belakang, menonaktifkan getaran, mengurangi kecerahan layar, dan lain-lain.

Jika Anda perlu menggunakan ponsel untuk waktu yang lama, aktifkan mode Battery saver ini untuk memotong beberapa fungsi ponsel dengan imbalan masa pakai baterai yang lebih baik sehingga ponsel bisa bertahan lebih lama.

Selalu gunakan pengisi daya asli
Cara menjaga baterai hp agar awet yang ketiga yakni dengan selalu menggunakan pengisi daya yang asli. Jenis pengisi daya yang Anda gunakan juga berpengaruh pada masa pakai baterai. Pengisi daya terbaik untuk digunakan adalah yang disertakan saat Anda pertama kali membeli ponsel. Namun jika sudah tampak bermasalah, pastikan Anda membeli charger asli yang sesuai dengan ponsel Anda agar baterai ponsel lebih awet.

Setiap telepon dibuat untuk mengisi daya pada arus tertentu, dan ketika Anda mencoba menggunakan pengisi daya dengan kapasitas yang lebih tinggi atau lebih rendah akan berdampak buruk pada baterai. Beberapa bahkan mungkin tidak dapat digunakan untuk mengisi daya hp.

Jangan mengisi daya ponsel semalaman
Untuk memastikan Anda tidak mengisi daya ponsel secara berlebihan, hindari pengisian daya yang dilakukan semalaman. Coba Anda bayangkan, rata-rata waktu tidur sebagian orang adalah 6-8 jam. Sedangkan sebagian besar ponsel, sudah bisa terisi penuh dalam 2-3 jam. Jadi, mengisi daya ponsel Anda semalaman akan berdampak buruk pada masa pakai baterai. Beberapa baterai juga telah dilaporkan menjadi bengkak atau meledak setelah pengisian yang berlebihan dalam waktu yang lama.

Meskipun beberapa produsen mengonfirmasi bahwa kebanyakan produk ponsel saat ini memiliki fitur di mana pengisi daya secara otomatis akan terputus setelah baterai terisi penuh, tetap tidak disarankan untuk tidak mengisi daya hp Anda sepanjang malam.

Matikan fitur getar
Cara menjaga baterai hp agar awet yang terakhir yaitu dengan mematikan fitur getar pada hp Anda. Getaran di Android adalah fitur yang sangat berguna. Fitur tersebut dapat memberitahu Anda ketika ada pemberitahuan baru yang masuk. Tetapi vibrator ini menggunakan motor yang mengambil sebagian daya dari baterai setiap kali hp Anda bergetar. Untuk memperpanjang masa pakai baterai di ponsel Anda, nonaktifkan getaran dari pengaturan Suara di perangkat Anda.

Turunkan tingkat kecerahan layar
Dari setiap aplikasi atau proses lain yang berjalan di ponsel Anda, layar lebih mempengaruhi masa pakai baterai. Oleh karena itu, untuk memperpanjang masa pakai baterai di hp Anda, kurangi tingkat kecerahan di sebagian besar kondisi.

Anda juga dapat mengaktifkan Adaptive Brightness pada ponsel untuk membantu Anda menyesuaikan kecerahan layar berdasarkan jumlah cahaya di lingkungan Anda. Ini membantu menghemat masa pakai baterai dan juga menghemat tekanan karena menyesuaikan secara manual sepanjang waktu.

Jangan meletakan baterai di suhu panas. Jangan membiarkan baterai benar-benar kosong, dan dari cara isi baterai juga dengan beberapa tahapan,contoh dari 35% sampai 65%, atau dari 50% sampai 80%, Dan kondisi baterai laling baik tidak kosong dan tidak terlalu penuh.

Agar Tidak Lemot Dan Selalu Lancar
Jangan menginstal aplikasi terlalu banyak sesuaikan dengan kapasitas RAM, sedikit terpakai maka beban akan ringan dan membuat lancar. Untuk itu disarankan hanya menginstal aplikasi yang kiranya bakal diperlukan. Jangan di gunakan ketika sedang isi daya baterai, baik itu digunakan nelpon atau juga mmain game, karena menyebabkan mudah ngedrop.

Perawatan Body Ponsel
Membersikan kotoran seperti debu yang menempel dengan softcutton secara berkala. Menggunakan alat untuk melindungi dari benturan dengan softcase.

© 2017 TrenzMedia • Privacy PolicyDisclaimerContact