Tips Cara Menjaga Kesehatan Saat Menghadapi Musim Hujan

Hampir setiap hari baru-baru ini hujan turun terus menerus, pada saat mulai beraktivitas diluar ruangan baik bekerja ataupun sekolah dan saat pulang pun kehujanan. Hal itu tentu membuat daya tahan tubuh menurun sehingga gampang sakit.

Memang bila musim hujan itu tiba, maka biasanya banyak orang yang sangat mudah sakit. Dan anda perlu harus lebih waspada dalam menjaga tubuh. Harus tetap behati-hati serta kesehatan anda harus terjaga.

Ketika musim hujan Kementerian Kesehatan mengatakan di musim hujan sebenarnya menjadi peluang mikroorganisme yang menjadikan sakit menyerang manusia. Adapaun cara untuk mencegah masuknya mikroorganisme yaitu dengan meningkatkan daya tahan tubuh.

Tips Cara Menjaga Kesehatan Saat Menghadapi Musim Hujan


Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) hujan sudah terjadi hampir di sebagian besar wilayah di Indonesia. Berbagai penyakit seperti pilek, flu hingga demam berdarah pun mengintai di depan mata. Oleh karena itu, kita harus dapat menjaga kesehatan agar tetap bugar dan bisa menjalankan aktivitas sehari-hari dengan sebaik mungkin. 

Disamping itu penyampaian lainnnya yang pastinya bermanfaat untuk kita semua adalah membeberkan tips cara menjaga kesehatan saat menghadapi musim hujan, diantaranya:

1.Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh
Mengkonsumsi air putih bukan hanya untuk penghilang haus dan di saat musim kemarau, tapi saat musim hujan memenuhi air yang cukup dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Oleh karena itu, pastikan untuk tetap mengkonsumsi cairan minimal 1,5 liter perhari. Jika bosan dengan air putih, bisa mengubahnya sesekali dengan air jahe, karena mampu membuat tubuh terasa lebih hangat.

2.Mengkonsumsi Vitamin
Proses pergantian musim kemarau ke musim hujan, biasanya kekebalan tubuh manusia menjadi lebih lemah dan mempengaruhi system imun. Jika kekebalan tubuh menurun, kemudian penyakit bakal lebih mudah menyerang. Dan sangat di anjurkan mengkonsumsi vitamin C mendukung meningkatkan fungsi sistem imun dalam tubuh.


3.Jaga pola makan
Aspek penting untuk daya tahan tubuh salah satunya adalah asupan gizi. Jika nutrisi kurang menyebabkan daya tahan tubuh menurun, hal ini menjadikan lebih mudah masuk kuman penyakit  dan berkembang. Jadi perhatikan pola makan sehat supaya memenuhi zat gizi tercukup, contohnya dengan mengonsumsi lauk pauk, karbohidrat, buah-buahan, sayuran, serta minuman.

4.Olahraga
Olah raga adalah cara sederhana & mudah, tapi punya manfaat besar. Dan Untuk mengaktifkan sel darah putih bisa latihan fisik selama 30 menit. Tapi jika hujan terus menerus seharian bagaimana cara untuk melakukannya? Sangatlah mudah anda bisa mengerjakannya didalam ruangan seperti contoh-contohnya olahraga di rumah tidak memerlukan alat serta mudah.

5.Kualitas Tidur Terjaga
Dalam menjaga kesehatan, kualitas tidur pun perlu terjaga. Karena waktu istirahat tubuh untuk pemulihan seluruh sistem anggota badan yaitu tidur. Dewasa berusia 26-64th memerlukan 7-9 jam, remaja usia 14-17th dianjurkan tidur selama 8-10 jam, anak sekolah usia 6-13th memerlukan tidur 9-11 jam, untuk anak-anak usia 3-5th membutuhkan tidur 10-13 jam, dan untuk para lanjut usia direkomendasikan tidur selama 7-8 jam.

6. Jaga Tubuh Tetap Hangat
Pernahkah kalian bertanya-tanya mengapa kita lebih sering terkena flu saat basah karena hujan? Para peneliti menemukan bahwa tubuh yang kedinginan, terutama kaki, dapat menyebabkan gejala flu muncul pada seseorang yang sudah rentan terhadap virus flu. Saat tubuh berusaha menjaga diri kita agar tetap hangat, tubuh membatasi aliran darah ke kaki kita termasuk hidung.

Hal ini membuat hidung dingin yang menjadi tempat favorit bagi banyak virus. Oleh karena itu, kita harus memastikan diri kita terlindungi dengan memakai pakaian hangat saat musim hujan tiba.

7. Jaga kebersihan dan kerapihan Pada musim hujan, orang lebih cenderung tinggal di dalam rumah dan menutup jendela agar tetap hangat. Meskipun ini mungkin terlihat nyaman, kuman lebih cenderung menyebar sehingga kita perlu menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal kita. Bahkan jika kita terserang masuk angin, jaga tangan kita tetap bersih dengan mencucinya secara teratur atau gunakan pembersih tangan.

8. Konsumsi minuman hangat Selain terasa nikmat, mengonsumsi minuman hangat di musim hujan juga sangat baik untuk kesehatan kita. Kita bisa mengonsumsi teh hijau atau cokelat panas. Selain itu, kita juga bisa mencoba semangkuk sup panas agar suhu tubuh kita tetap hangat. Cara tersebut bisa membuat kita tidak muda mengalami masuk angin atau infeksi yang bisa terjadi karena perubahan suhu tubuh yang tiba-tiba. 

9. Cukupi asupan cairan Saat suhu dingin, kita cenderung mengonsumsi air dalam jumlah yang lebih sedikit karena kita tidak mudah merasa haus. Padahal, dehidrasi tak selalu ditandai dengan rasa haus. Jadi, tetaplah minum air meski kita tidak merasa haus. Cairan adalah elemen penting bagi tubuh karena membantu kita mengeluarkan racun dari tubuh. Jadi, cukupilah kebutuhan cairan tubuh kita.

10. Mandi air hangat Mandi air hangat usai terjebak dalam hujan akan perlahan-lahan meningkatkan suhu tubuh kita. Cara ini juga bisa membantu kita menyingkirkan kuman dan melindungi kita dari infeksi. Selain mandi, kita juga bisa merendam kaki kita ke dalam air hangat. 

11. Perhatikan asupan makanan Perhatikan asupan nutrisi dan jangan makan sembarangan saat musim hujan. Sebaiknya, kita memasak sendiri makanan yang kita konsumsi agar kebersihan dan nutrisnya terjamin.

© 2017 TrenzMedia • Privacy PolicyDisclaimerContact