Tips Cara Menjaga Kesehatan Saat Menghadapi Musim Hujan

Tips Cara Menjaga Kesehatan Saat Menghadapi Musim Hujan

Hampir setiap hari baru-baru ini hujan turun terus menerus, pada saat mulai beraktivitas diluar ruangan baik bekerja ataupun sekolah dan saat pulang pun kehujanan. Hal itu tentu membuat daya tahan tubuh menurun sehingga gampang sakit.

Memang bila musim hujan itu tiba, maka biasanya banyak orang yang sangat mudah sakit. Dan anda perlu harus lebih waspada dalam menjaga tubuh. Harus tetap behati-hati serta kesehatan anda harus terjaga.

Ketika musim hujan Kementerian Kesehatan mengatakan di musim hujan sebenarnya menjadi peluang mikroorganisme yang menjadikan sakit menyerang manusia. Adapaun cara untuk mencegah masuknya mikroorganisme yaitu dengan meningkatkan daya tahan tubuh.

Tips Cara Menjaga Kesehatan Saat Menghadapi Musim Hujan

Disamping itu penyampaian lainnnya yang pastinya bermanfaat untuk kita semua adalah membeberkan tips cara menjaga kesehatan saat menghadapi musim hujan, diantaranya:

1.Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh
Mengkonsumsi air putih bukan hanya untuk penghilang haus dan di saat musim kemarau, tapi saat musim hujan memenuhi air yang cukup dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Oleh karena itu, pastikan untuk tetap mengkonsumsi cairan minimal 1,5 liter perhari. Jika bosan dengan air putih, bisa mengubahnya sesekali dengan air jahe, karena mampu membuat tubuh terasa lebih hangat.

2.Mengkonsumsi Vitamin
Proses pergantian musim kemarau ke musim hujan, biasanya kekebalan tubuh manusia menjadi lebih lemah dan mempengaruhi system imun. Jika kekebalan tubuh menurun, kemudian penyakit bakal lebih mudah menyerang. Dan sangat di anjurkan mengkonsumsi vitamin C mendukung meningkatkan fungsi sistem imun dalam tubuh.


3.Jaga pola makan
Aspek penting untuk daya tahan tubuh salah satunya adalah asupan gizi. Jika nutrisi kurang menyebabkan daya tahan tubuh menurun, hal ini menjadikan lebih mudah masuk kuman penyakit  dan berkembang. Jadi perhatikan pola makan sehat supaya memenuhi zat gizi tercukup, contohnya dengan mengonsumsi lauk pauk, karbohidrat, buah-buahan, sayuran, serta minuman.

4.Olahraga
Olah raga adalah cara sederhana & mudah, tapi punya manfaat besar. Dan Untuk mengaktifkan sel darah putih bisa latihan fisik selama 30 menit. Tapi jika hujan terus menerus seharian bagaimana cara untuk melakukannya? Sangatlah mudah anda bisa mengerjakannya didalam ruangan seperti contoh-contohnya olahraga di rumah tidak memerlukan alat serta mudah.

5.Kualitas Tidur Terjaga
Dalam menjaga kesehatan, kualitas tidur pun perlu terjaga. Karena waktu istirahat tubuh untuk pemulihan seluruh sistem anggota badan yaitu tidur. Dewasa berusia 26-64th memerlukan 7-9 jam, remaja usia 14-17th dianjurkan tidur selama 8-10 jam, anak sekolah usia 6-13th memerlukan tidur 9-11 jam, untuk anak-anak usia 3-5th membutuhkan tidur 10-13 jam, dan untuk para lanjut usia direkomendasikan tidur selama 7-8 jam.


Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top